Pages

Resep Sambal Roa

Rabu, 19 Juni 2013

Untuk orang indonesia tak lenkap rasanya makan berbagai resep masakan tanpa sambal, baik itu resep masakan bakar,goreng,pepes, aneka resep ayam hingga berkuah pasti akan lebih lezat jika disandingan dengan resep sambal. Jika anda pernah berkunjung ke kota Makassar pasti pernah mendengar tentang resep sambal roa.Resep sambal roa yang satu ini memang terbilang unik karena menggunakan ikan roa sebagai bahan dasarnya.  Ikan roa dalam resep sambal roa ini adalah salah satu jenis ikan kecil tetapi rasanya mirip dengan ikan cakalang.
Resep sambal roa ini juga cukup terkenal di kota manado, tetapi bedanya di kota manado resep sambal roa ini disajikan bersama pisang goreng colo-colo. Mungkin terdengar aneh ya pisang goreng di cocol dengan sambal tapi tunggu sampai anda mencicipinya sendiri, pasti akan membuat ketagihan. Penasaran dengan rasa dari resep sambal roa ini? Mencarinya di supermarket mungkin agak sulit. Tetapi anda bisa mencoba membuatnya sendiri dengan resep sambal roa dibawah ini.
Bahan :
100 g ikan roa panggang
1 sdt garam
1 sdt gula pasir
1 bh tomat merah, potong kotak kecil
50 ml minyak goreng
Bumbu Halus :
10 bh cabai merah
4 bh cabai rawit merah
10 bh bawang merah
6 siung bawang putih
Cara Membuat :
1. Buang kulit dan tulang ikan roa panggang, suwir-suwir lalu haluskan.
2. Sangrai daging ikan roa hingga harum, sisihkan.
3. Tumis bumbu halus sampai harum dan matang, masukkan roa , aduk rata. Bumbui garam, gula, dan tomat. Aduk rata.
4. Sambal roa siap disajikan.
Resep sambal roa ini memang unik ya, tetapi sepertinya wajib juga untuk dicoba dan merasakan sendiri kelezatannya. Intip juga berbagai resep kue kering dan resep kue basah kami untuk anda. Selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar