Pages

Resep Masakan Oncom

Rabu, 19 Juni 2013

Oncom sebagai salah satu hasil komoditi pangan Indonesia memang tidak seterkenal tahu dan tempe, bahan baku yang sama-sama terbuat dari kacang kedelai tidak membuat bahan pangan ini menjadi primadona di masyarakat Indonesia. Selain itu pemasaran oncom ini pun masih hanya ada di daerah tertentu seperti di jawa barat. Jika anda tahu, di daerah jawa  barat resep masakan oncom tergolong cukup banyak macamnya. Resep masakan dari tempe yang di fermentasikan ini pun ternyata mendapatkan tempat tersendiri di hati para pecinta kuliner jawa barat. Selain bahan baku yang mudah di dapat, resep masakan oncom ini pun tergolong sangat terjangkau sehingga banyak djumpai para penjaja resep maskaan oncom ini.
Resep masakan oncom dapat dijumpai dalam olahan resep nasi tutug oncom, combro, sambal oncom ataupun sebagai pelengkap dari masakan lainnya seperti aneka resep ayamResep masakan oncom ini juga dikenal sebagai salah satu masakan dari daerah kota Tasikmalaya, Jawa Barat. Berikut kami sajikan berbagi resep masakan oncom untuk anda sebagai referensi menu hidangan anda.
Tutug Oncom
 Bahan :Nasi putih hangat
1 papan oncom
4 btr bawang merah
1 ruas jari kencur
5 buah cabai rawit
garam secukupnya

Cara membuat :
1. Oncom dipanggang sampai mateng.
2. Haluskan bawang merah,kencur dan cabai rawit. Masukkan oncom,tumbuk kasar oncomnya. Aduk sampai rata.
3. Sangrai oncom di wajan yang telah panas. aduk-aduk hingga oncom kering. Tambahkan garam. Aduk rata,angkat.
4. Campur nasi hangat dengan oncom,tumbuk (tutug) hingga semua tercampur rata.
5. Siap untuk disajikan,tambahkan pelengkap seperti sambal, asin,tahu,tempe  dan kerupuk
Mudah bukan bahan-bahan dan proses pembuatan resep masakan oncom lezat di atas, dijamin resep masakan oncom ini akan langsung pas di lidah anda. Jangan lupa intip  aneka resep kue kering dan resep kue basah kami sebagai pelengkap hidangan anda. Selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar